Minggu, 25 Mei 2014

4 Beauty FAQ: Scrub

4 Beauty FAQ: Scrub Gadis

Penting banget untuk mengetahui 5 frequently asked questions (FAQ) tentang scrub, biar nggak salah langkah dalam merawat kulit wajah dan tubuh. Kulit dijamin akan bersih, sehat dan terlihat cantik maksimal.

Q1: Apa Itu Scrub?
Scrub adalah salah satu produk perawatan kecantikan berbentuk seperti lotion yang dipakai pada wajah (facial scrub) atau tubuh (body scrub). Facial scrub nggak bisa digunakan untuk body scrub dan sebaliknya, karena kedua tekstur kulit  tadi berbeda. Kulit wajah lebih tipis, lembut dan lebih sensitif dibandingkan kulit  tubuh yang cenderung lebih tebal dan kasar. Scrub ada dua jenis, granule (berbentuk butiran) dan tanpa granule (tanpa butiran).

Q2: Kalau Scrubbing?
Scrubbing adalah kegiatan pemakaian scrub dengan gerakan menggosok perlahan pada permukaan kulit terluar (epidermis) wajah atau tubuh. Fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati (exfoliation), mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori, sekaligus  membukanya. Perawatan dengan scrub sebaiknya cukup dilakukan dua minggu sekali saja, agar terhindar dari over exfoliation yang akan membuat kulit iritasi dan makin kering.

Q6: Boleh Nggak Kulit Berjerawat dan Kulit Kering?
Absolutely not untuk kulit berjerawat! Proses scrubbing dilakukan dengan gerakan menggosok. Ini bisa menyebabkan  infeksi di sekitar kulit yang berjerawat, sehingga akan muncul peradangan di sekitarnya. Scrubbing boleh untuk kulit kering. Karena, salah satu penyebab kulit kering adalah timbunan kulit mati yang terdapat pada lapisan kulit bagian luar yang kurang perawatan, sehingga menimbulkan sisik dan terlihat kusam.

Q7: Apa Saja Sih, Step by Step Scrubbing?
Step 1: Bersihkan kulit wajah atau mandi untuk menghilangkan sisa makeup atau kotoran pada tubuh.
Step 2: Untuk wajah, basahi telapak tangan, beri sedikit scrub dan mulailah gosok perlahan permukaan kulit wajah dengan gerakan berputar selama dua menit. Hindari daerah mata, karena kulit di sekitar mata sangat halus dan sensitif. Untuk kulit tubuh, oleskan scrub pada seluruh bagian tubuh. Gosok perlahan dengan gerakan berputar tiap bagian tubuh selama dua menit. Bisa memakai bantuan scrub brush, loofah, sponge atau back scrubber agar bersih maksimal.
Step 3: Diamkan selama 10 menit, bilas wajah atau tubuh dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Kemudian, keringkan dengan menepuknya perlahan dengan handuk halus untuk menghilangkan sisa air.
Step 4: Terakhir, saat pori-pori masih terbuka, oleskan moisturizer pada kulit wajah atau soothing lotion yang bersifat menenangkan pada kulit tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar