Selasa, 27 Mei 2014

Seputar Sampah Elektronik


Seputar Sampah Elektronik  Gadis

Hidup kita memang nggak bisa lepas dari segala benda elektronik seperti handphone, TV, radio, komputer, kulkas dan lain sebagainya. Sayangnya, karena kita sering gonta ganti, sampah elektronik pun menumpuk. Ini dia empat fakta yang mengagetkan tentang sampah elektronik.
  • Ada sekitar 50 juta sampah telepon genggam di dunia setiap bulannya dan hanya 10% dari jumlah itu yang didaur ulang. Kalau kita mendaur ulang satu juta telepon genggam, kita bisa mengurangi emisi karbondioksida yang jumlahnya hampir sama seperti menghilangkan 1.368 mobil dari jalanan per tahun.
  • Menurut Greenpeace, setiap tahun ada setidaknya 20-50 juta ton sampah elektronik (e-waste) yang dibuang begitu saja tanpa didaur ulang. Sampah elektronik adalah jenis sampah yang paling cepat pertumbuhannya. Bahkan, diperkirakan dalam sepuluh tahun ke depan jumlah sampah elektronik bisa meningkat sampai 500%. Saat ini jumlah sampah elektronik mencakup 5% dari total jumlah sampah dunia.
  • Seramnya, sampah elektronik mengandung beberapa zat berbahaya. Misalnya saja, dalam layar datar komputer atau pun laptop kita seringnya mengandung merkuri meskipun dalam jumlah yang kecil. Selain itu, dalam tabung katoda televisi dan komputer biasanya terdapat hampir 1 kilogram timah.
  • Karena kemampuan komputer untuk memproses data terus berlipat ganda setiap dua tahun, banyak orang mengganti komputernya dengan yang baru. Makanya, banyak komputer lama yang dibuang begitu saja. Hanya 15% dari sampah komputer itu yang didaur ulang sisanya berakhir di tempat pembuangan sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar