Rabu, 29 Januari 2014

Hashima, Pulau Hantu

Hashima, Pulau Hantu Gadis

Sudah pernah menonton film James Bond: Skyfall? Nah, tempat syuting mereka ternyata di Pulau Hashima yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Gunkanjima, atau artiannya adalah ‘Pulau Kapal Perang’ karena bentuknya yang memang menyerupai kapal perang yang besar.

Dulunya Padat Penduduk


Pulau Hashima terletak di daerah Nagasaki, Jepang. Dulu, pulau ini pernah mempunyai rekor penduduk terpadat di seluruh dunia. Pulau ini merupakan pusat pertambangan batubara terbesar yang dikelola oleh perusahaan Mitsubishi. Penduduknya yang tinggal di sini merupakan pekerja batubara beserta keluarganya. Namun pada tahun 1960, Jepang mengganti bahan pokok batubara dengan minyak bumi sehingga warga negaranya tidak lagi membutuhkan batubara.

Akhirnya, pada tahun 1974, usaha batubara Mitsubishi ditutup dengan resmi. Sebanyak kurang lebih 5000 penduduknya langsung meninggalkan Pulau Hashima dalam semalam. Dan sejak itu, Pulau Hashima ditutup untuk umum, dan sering dipanggil sebagai ‘pulau hantu’. Karena sering tergulung badai topan, sebagian besar gedung di pulau ini pun hancur. Tapi pada tahun 2009, pemerintah Jepang membuka lagi pulau tersebut untuk dijadikan obyek wisata.

Wisata Uji Nyali
Wisatawan dapat pergi ke pulau ini menggunakan perahu dari Pelabuhan Nagasaki selama 50 menit. Obyek yang paling terkenal  di pulau ini adalah Stairway to Hell, atau Tangga Menuju Neraka. Tangga yang sudah rapuh dan sebagian hancur ini, mengarah pada kegelapan. Semua wisatawan yang berkunjung ke obyek ini tidak ada satu pun yang berani untuk menaikinya! Untuk berwisata ke seluruh pulau ini dengan guide sekaligus, harus rela merogoh kocek sebanyak 4000 yen, atau sekitar Rp. 460.000.

Pulau ini menjadi tempat shooting film-film terkenal seperti film James Bond: Skyfall, dan film Jepang Battle Royale 2. Tempat ini juga menjadi inspirasi untuk game Killer7 dan Forbidden Siren 2. Ada yang berminat berwisata ke pulau ini? Jangan sampai terpisah dari tour guide dan rombongan, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar